Pages

Thursday, November 25, 2010

Cara Promosi Blog, Teknik Promosi Blog

1 comments
 
MENDATANGKAN PENGUNJUNG (PROMOSI) GRATIS

1. SEO (Search Engine Optimation)
SEO merupaan teknik mendatangkan pengunjung dari searh engine seperti google, yahoo atau msn. Untuk mendapatkan pengunjung dari mereka, syarat utamanya adalah situs kita masuk ke daftar pencarian untuk kata kunci tertentu di halaman pencarian mereka. Untuk dapat terdaftar ke sana, kita harus mendaftar donk!  Untuk mendaftarkan situs kita ke google silahkan melalui link ini:
http://www.google.com/addurl/

Untuk mendaftarkan situs kita ke yahoo silahkan melalui link ini:
http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit

Untuk mendaftarkan situs kita ke msn silahkan melalui link ini:
http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx

2. Blog comenting
Cara ini dapat dikatakan merupakan silaturahmi antar blog. Jadi, anda cari blog lain yang topiknya berhubungan dengan topik anda, lalu baca salah satu artikel mereka dan tinggalkan komentar yang di submit link yang menuju ke blog anda. Dengan begitu si pemilik blog akan mengetahui dan kemungkinan akan mampir ke blog anda juga. Cara ini juga merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk SEO yang biasa disebut “backlink”. Tetapi yang perlu dan penting untuk anda ingat “Anda jangan sekali-kali melakukan spam”, tinggalkanlah komentar yang bermutu.

3. Forum signature
Aktiflah di forum yang membahas topik yang berhubungan dengan isi blog anda. Pada setiap akhir postingan anda di forum, anda boleh mencantumkan nama yang di bawahnya anda beri link ke blog anda sebagai identitas (signature).

4. Article submission
Dengan mensubmit artikel ke situs directory submission dapat mendatangkan potensi pengunjung yang banyak ke blog anda. Caranya, anda tulis sebuah artikel yang di dalamnya anda selipkan link yang mengarah ke situs anda. Lalu post artikel tersebut ke situs-situs article submission seperti ezinearticles.com, dll.

5. Yahoo answer
Yahoo answer merupakan tempat berdiskusi yang efektif untuk mendatangklan pengunjung. Anda bisa menggunakan teknik seperti forum signature di yahoo answer agar anda tidak dianggap spam.

6. Social Network
Anda bisa membuat halaman khusus di facebook atau twitter yang mengulas tentang topik yang anda bahas. Lalu cantumkan link yang menuju ke blog anda.
Sebenarnya masih banyak cara mendatangkan pengunjung dengan gratis. Tetapi sebaiknya anda lakukan dulu beberapa step di atas. Lihat, betapa banyak PR yang harus anda mulai kerjakan sebelum beranjak ke level yang lebih tinggi. Lakukanlah hal di atas dengan benar dan fokus!

Rumus: Semakin banyak pengunjung blog anda, maka semakin banyak peluang terjadi penjualan melalui link affiliate anda dan otomatis semakin banyak penghasilan yang anda dapatkan. Bukan begitu? Tentunya semua tergantung dari topik, content dan jenis program affiliasi yang anda ikuti. 

Catatan : Cara gratisan memang cukup mudah dijalankan. Tetapi saya tidak menjamin hasil yang diperoleh akan seperti yang diharapkan. Fokus saya memberikan materi ini adalah untuk pengetahuan atau pembelajaran bahwa ternyata begitu banyak peluang yang bisa kita ambil dari internet. Jika anda nanti telah mahir dengan cara gratisan, saya sarankan anda untuk mulai belajar dengan cara yang berbayar.

One Response so far.

  1. Ego Dasa says:

    makasih banyak atas infonya.kaau begitu,saya akan praktekkan semua cara diatas.salam kenal.

Leave a Reply